Interpretasi Desain Logo CNBC atau NBC

                                                                         PEMBAHASAN

A.    Gambaran Umum Perusahaan

National Broadcasting Company (NBC) adalah jaringan televisi Amerika Serikat. Kantor pusat NBC berada di Gedung Ge, Rockefeller Centre, New York City. Didirikan tahun 1926 oleh Radio Corporation of America (RCA), NBC adalah jaringan penyiaran utama di Amerika Serikat yang pertama. Pada tahun 1986, NBC menjadi milik General Electric setelah GE membeli RCA seharga $6,4 miliar. Di America Serikat, NBC disaksikan oleh pemirsa di sekitar 112 juta rumah tangga, atau sekitar 98,6% pemirsa di AS. NBC memiliki 10 stasiun televisi yang dioperasikan sendiri, dan hampir 200 stasiun televisi yang berafiliasi di Amerika Serikat dan teritorinya.

Di Indonesia sendiri terdapat portal berita yang bekerja sama dengan NBCUniversal, divisi dari Comcast yang dinamai Consumer News and Business Channel Indonesia (CNBC Indonesia) yang luncurkan pada 8 Februari 2018, dan siaran televisinya mulai mengudara pada 10 oktober 2018.  

 

B.     Uraian Elemen Desain

NBC dulu dikenal dengan logo burung merak. Ketika burung dikenalkan sebagai logo pada tahun 1956. NBC menggunakan logo merak dikarenakan jaringan televisi asal Amerika Serikat ini mengusung slogan “Bangga Seperti Burung Merak”.

Penggunaan slogan ini juga masih dpertahankan dan di terapkan dalam logo NBC yang digunakan sampai sekarang.

             

Dalam desain logo CNBC penulis menemukan terdapat 3 bagian utama yang di pergunakan. Bagian-bagian yang ditemukan dalam logo CNBC yaitu :

1.      Kepala burung merak.

2.      Bulu merak yang berwarna warni.

3.      Huruf nama perusahaan CNBC.

Penemuan bagian yang terdapat dalam logo CNBC ini selaras dan sejalan akan hal yang ingin di sampaikan dalam selogan dan logo yang dipakai oleh CNBC. Dan juga menurut penulis yang sudah membaca latar belakang perusahaan. Penggunaan logo CNBC yang mempertahankan icon burung merak, sampai sekarang masih dapat menggambarkan slogan yang ingin di sampaikan.

C.    Interpretasi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) interpretasi dapat diartikan sebagai pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoritis terhadap sesuatu tafsiran. Sehingga Interpretasi dapat diartikan sebagai sebuah penjelasan yang mengandung makna atau sebuah pendapat dari pandangan teoritis dari suatu objek yang dihasilkan dari pemikiran yang mendalam yang dipengaruhi oleh latar belakang orang yang membuat interpretasi. Oleh karena itu penulis akan membuat Interpretasi berdasarkan ilmu yang sudah dipelajari oleh penulis dan latar belakang penulis sebagai mahasiswa Televisi dan Film.

a)      Penggunaan Kepala Burung Merak

                             




Sesuai dengan slogan yang digunakan oleh NBC yaitu “Bangga Seperti Burung Merak” penggunaan kepala burung merak didasasri oleh slogan tersebut yang sekaligus digunakan sebagai ikon ciri khas NBC.

Selain menggunakan kepala burung merak, jika diperhatikan lebih lanjut, kepala burung merak yang ada di logo CNBC menghadap ke arah kanan yang dapat diartikan jaringan televisi CNBC yang melihat ke arah masa depan.

b)     Enam Bulu Merak



                              Penggunaan eman bulu merak berwarna di dalam logo CNBC ini sekaligus mewakili                               setiap departemen yang ada di CNBC, yaitu :

1.      Departemen Berita.

2.      Departemen Olahraga.

3.      Departemen Hiburan.

4.      Departemen Stasiun

5.      Departemen Jaringan.

6.      Departemen Produksi.

c)      Huruf CNBC


 

 

Analisa huruf dalam logo CNBC kali ini akan menggunakan ilmu tipografi.

Menurut Danton Sihombing (Anggota DGI.2001:58). Tipografi merupakan representasi visual dari sebuah bentuk komunikasi adalah sifat verbal dan seperti visual dan efektif.

Menurut Roy Brewer (1971) dalam buku “Pengantar Tipografi” tipografi memiliki arti luas, yang meliputi penataan dan pola halaman, atau cetakan atau dalam arti yang lebih sempit hanya mencakup pemilihan, pengaturan, dan berbagai hal yang berkaitan dengan jalur pengaturan huruf (set), tidak termasuk ilustrasi dan elemen lainnya, bukan surat di halaman dicetak.(Sudiana,2001:2).

Dari pengertian di atas penulis mengartikan tipografi sebagai teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebaran hurufnya berada dalam ruang yang tersedia untuk menciptakan kesan tertentu sehingga seseorang dapat memiliki kesan dan kenyamanan dalam melihat serta membacanya.

Dengan begitu huruf CNBC dalam logo ini dapat diartiakan sebagai penggambaran identitas atau informasi mengenai sebuah perusahaan.

a)      Font

Dalam ilmu tipografi pemilihan font juga berpengaruh terhadap setiap makna yang terkandung dalam logo CNBC tersebut. Penggunaan font dalam huruf CNBC yaitu menggunakan sans-serif karena hurufnya tidak memiliki ekor pada ujung tiap-tiap hurufnya. sans-serif memberikan kesan formal dan sederhana pada pembaca. Font sans-serif biasnya digunakan untuk font isi konten karena memberikan kenyamanan saat dibaca. Oleh karena itu CNBC menggunakan font Sans-serif untuk memberikan kesan nyaman kepada pembaca.

b)     Ketebalan Teks

Huruf CNBC juga menggunakan styling teks bold  sehingga terlihat mempertegas huruf CNBC pada logo.

c)      Warna

Secara default, warna teks yang ditampilkan dalam desain logo CNBC adalah hitam pekat dengan interval (#000). Namun dalam pengamatan penulis bisa jadi kalau warna dalam huruf CNBC ini kurang pekat atau dengan menggunakan warna hitam keabu-abuan dari interval (#333 - #999). Penggunaan warna hitam keabu-abuan dalam desain Huruf CNBC ini memberikan kesan lebih modern.


 

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Dari data yang di peroleh di atas logo CNBC mengandung beberapa makna yang mencerminkan slogan serta tujuan dari CNBC. Penggunaan font sans-serif juga dipergunakan untuk memberikan kesan agar pembaca atau penonton menjadi nyaman saat meihat CNBC. Serta warna dalam logo yang menggunakan hitam keabu-abuan agar membuat kesan modern pada logo CNBC.

 

DAFTAR PUSTAKA

Wikipedia.org.(2020,06 November ). Gambar logo CNBC diakses pada 06 November 2020, dari https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e3/CNBC_logo.svg/200px-CNBC_logo.svg.png

Gurupendidikan.co.id.(2020,06 November). Pengertian Tipografi dan Menurut Para Ahli. Diakses pada 06 November 2020, dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-tipografi/

Devaradise.co.id. (2020, 06 November). Panduan Lengkap Tipografi Pemakaian Font dalam Web. Diakses pada 07 November 2020, dari https://www.devaradise.com/id/2015/03/mengenal-tipografi-tips-penggunaan-font-website.html

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA : PERLOMBAAN ANTARA KELINCI DAN KURA-KURA

Contoh Mini Paper