Metode Penelitian

Pentingnya merumuskan pertanyaan penelitian yang belum terjawab, namun masih dapat dijawab, dan proses yang dapat digunakan untuk menjawabnya. Mengembangkan pertanyaan penelitian baik dari topik penelitian yang telah terjadi, berasal dari manakah sumber penelitian , tinjauan literatur yang menyeluruh. Banyak mahasiswa yang mengambil topik penelitian film cenderung terlalu luas atau terlalu sempit cakupannya. Jika sebuah pertanyaan dapat dijawab dengan jawaban "ya" atau "tidak" dengan  sederhana, permasalahan tersebut tidak sesuai untuk penelitian. Ketika merumuskan pertanyaan penelitian, disarankan agar mahasiswa film berkomunikasi dengan seorang dosen yang di luar dari jurusan mereka, yang dapat menawarkan perspektif yang berbeda dari sebuah masalah yang akan diteliti. Co-mentorship semacam itu memperluas basis keahlian yang dapat digunakan oelh mahasiswa.

Brainstorming, berguna untuk menghasilkan ide-ide untuk topik penelitian yang lebih fokus, tepat waktu dalam bidang studi yang dipelari.

Memperbaiki Topik, dimulai dengan mencari permasalahan pada area topik yang luas dan dapat diterima dengan baik. Penelitian pendahuluan dan brainstorming yang dimasukkan untuk merumuskan topik, hal ini sangat bermanfaat karena ruang lingkup pertanyaan dapat membuat atau memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Topik yang terlalu luas dapat menyebabkan frustrasi dan menyebabkan waktu terbuang.

Menggunakan Tinjauan Pustaka dan Waktu untuk Fokus pada Pertanyaan, tinjauan pustaka serta percakapan dengan dosen, teman sebaya, dan mungkin pakar eksternal, dapat berguna untuk memahami pendapat orang lain dalam melihat masalah tersebut dan dapat berguna untuk membantu lebih  fokus untuk mempernaiki penelitian yang sedang dilakukan.

Pertanyaan Panduan untuk Mendefinisikan Topik,

Freewriting, menuliskan tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan dan gagasan lain yang masuk sebagai bahan untuk penelitian yang sedang dilakukan. Menulis adalah cara terbaik untuk mencapai kejelasan dan wawasan tentang masalah yang sedang diteliti.

Topik dalam Film, penelitian mahasiswa film seringkali mengambil bidang sebagai berikut :

a.       Sejarah Film

b.       Pendidikan Film

c.       Film dari Perspektif Interdisipliner

d.       Teori Film

e.       Teknologi Film

 

Merancang Penelitian atau Proyek, memberikan waktu yang lebih  dalam memfokuskan dan memperbaiki topik penyelidikan, sehingga dapat membantu merevisi pertanyaan dalam penelitian yang sedang dilakukan. Mengembangkan dan melaksanakan rencana penelitian yang sedang dilakukan, termasuk merencanakan waktu penelitian yang logis.

Mengatur Timeline, memperhitungkan waktu yang dimiliki untuk membuat penelitian. Ditambah waktu  ketika menemukan aspek tambahan dari penelitian.

Pernyataan Tujuan, dalam banyak bentuk penelitian akademis, para sarjana menyatakan tujuan studi atau proyek mereka dalam satu atau dua kalimat. Dengan menyatakan secara langsung dan ringkas tujuan skripsi akan lebih menjelaskan tujuan kedepannya skripsi yang akan dibuat, serta untuk memudahkan pembaca skripsi di masa depan. Setelah pernyataan tujuan, nyatakan pertanyaan penelitian atau pertanyaan yang akan membimbing studi Anda.

Mentor tambahan, dalam film ada banyak bidang khusus dan berbagai sub bagian yang di mana ditangani oleh berbagai dosen yang berbeda  dalam keahlian yang berbeda (animasi, pembuatan film dokumenter, pengisahan cerita interaktif, teori kritis, sejarah, teater, musik, ilmu komputer, pendidikan, dll.).

Comments

Popular posts from this blog

NASKAH DRAMA : PERLOMBAAN ANTARA KELINCI DAN KURA-KURA

Contoh Mini Paper

Interpretasi Desain Logo CNBC atau NBC